Rabu, 22 Juni 2022

Seperti apa nilai raport Saya tahun ini???

PENILAIAN AKHIR SEMESTER TAHUN AJARAN  2021/2022 

PAS adalah syarat kenaikan kelas yang dirancang guna mendorong aktivitas belajar yang bermakna. Ujian ini tidak perlu mengukur capaian kurikulum secara menyeluruh.

Ujian dilakukan dalam bentuk portofolio, berupa: nilai rapor, nilai sikap, atau hasil praktik beserta karya siswa.

Penilaian juga dapat berupa penugasan. Pihak sekolah maupun guru dapat memberikan tugas sekolah kepada siswa sesuai materi yang sudah dipelajari.

Ujian dapat dilakukan dengan penilaian lain yang ditetapkan oleh satu Pendidikan, misal: ujian lisan, praktik, penugasan 

PAS dilakukan melalui ujian Praktek / portofolio

Tips Belajar Menjelang PAS

PAS
Ilustrasi persiapan belajar PAS (Arsip Zenius)

Tips belajar menjelang PAS.

  1. Membuat Porsi Waktu Belajar yang Efisien : Tentukan hal-hal yang menjadi prioritas utama. Penting diperhatikan jangan sampai mendesak setiap harinya. Tentukan porsi waktu belajar yang efisien dengan cara bikin to do list.
  1. Asah Fundamental Skills!
  1. Pelajari Materi dari Konsepnya
  1. Review Materi Sampai Paham
  1. Sering mengerjakan Latihan Soal

Syarat Menyelesaikan Program Pembelajaran

Penting untuk diketahui, bahwa syarat tuntasnya suatu program pembelajaran yakni ditentukan oleh nilai rapor dan presensi. Adapun syarat menyelesaikan program pembelajaran berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan terangkum sebagai berikut:

1. Portofolio Berupa Evaluasi atau Nilai Rapor

Selama proses pembelajaran sekaligus ujian yakni dengan mengandalkan sistem jaringan. Sedangkan untuk wilayah dan kondisi tertentu tetap menggunakan luar jaringan dengan metode portofolio dan penilaian rapor. Nilai rapor ini termasuk pada setiap semester.

Terutama pada siswa SMK yakni dibuktikan dengan rapor 5 semester terakhir. Sedangkan untuk rapor semester 6 dapat dijadikan nilai tambahan. Portofolio juga termasuk pada penghargaan dan prestasi yang dicapai oleh siswa misalnya seperti perlombaan dan lain-lain.

2. Penugasan

Penugasan yang dimaksud adalah seluruh pengerjaan tugas yang diberikan selama proses pembelajaran. Seperti adanya tugas harian maupun evaluasi materi yang dilakukan sebagai konsep pemahaman siswa. Hal ini turut menjadi sumbangsih nilai dan persentase terhadap kelulusan.

Hasil penugasan tersebut akan menjadi rekapitulasi sebagai bukti penyelesaian siswa terhadap pengerjaan tugas. Termasuk pertimbangan pihak sekolah dalam memutuskan kelulusan tersebut. Dengan demikian penting untuk tetap memperhatikan setiap tugas guna mendapat nilai terbaik.

3. Tes Luring dan Daring

Berikutnya adalah mengikuti tes pada luring maupun daring sesuai dengan kemampuan wilayah dan siswa. Meski menggunakan sistem online maupun hanya mengandalkan portofolio nilai, hal tersebut tetap wajib dipatuhi siswa dan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Hal ini juga sebagai ganti dari ujian sebelumnya hanya saja dikemas dengan teknis tanpa pengumpulan siswa secara langsung. Selain itu metode kombinasi juga bisa diterapkan namun tetap kembali pada faktor geografis dan kemampuan siswa.

4. Bentuk Penilaian Berdasarkan Ketentuan Sekolah

Selain pada beberapa poin yang diatur oleh pemerintah, sekolah juga memiliki andil untuk terhadap proses penilaian siswa. Oleh sebab itu, biasanya terdapat beberapa sekolah yang memiliki pelaksanaan berbeda.

Misalnya dengan adanya tatap muka pada beberapa daerah zona hijau namun tetap dengan protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu bisa juga sekolah menambahkan kriteria khusus lain sebagai syarat kelulusan.

5. Penilaian sikap

Ini salah satu yang penting juga. Seperti yang sudah dijabarkan di atas bahwa terdapat penilaian sikap sebagai syarat kenaikan kelas.


Naah,,,,setelah membaca deskripsi diatas,,coba tulis di kolom komentar,, apakah kalian sudah yakin dengan nilai PAS kalian di tahun ajaran 2021/2022?!!


79 komentar:

  1. sangat berguna sekali tips belajarnya

    BalasHapus
  2. Tipsnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Iya, tips yang sangat berguna

    BalasHapus
  4. Tips yang bermanfaat

    BalasHapus
  5. Insyaallah saya yakin

    Vidiavryl Salsabila

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Tips yang sangat bermanfaat dan insyaallah saya yakin

    Rima Dwi Aprilia

    BalasHapus
  8. Tipsnya sangat bermanfaat sekali


    indi kumala dwi septia sari

    BalasHapus
  9. Bagus tips nya sangat bermanfaat




    ajeng rahmawati

    BalasHapus
  10. tips nya sangat berguna


    faradiba firmania maudy

    BalasHapus
  11. sangatt baguss buu
    khafit izaz abiyyu

    BalasHapus
  12. suka sekali dengan tipsnya bu

    Mariyatul kiptiroh

    BalasHapus
  13. Insyaallah saya yakin dengan nilai saya

    Iftitahus soliha

    BalasHapus
  14. Setelah saya melihat tips dari Bu dela, insyaallah saya yakin dengan nilai saya

    Alvi AZ Zahriyah Agustin

    BalasHapus
  15. Sangat bermanfaat tips belajarnya
    Nur hamida maulidina

    BalasHapus
  16. InsyaAllah saya yakin

    BalasHapus
  17. Insyaallah saya yakin
    Thalita Zafirah r.n

    BalasHapus
  18. InsyaAllah saya yakin dengan nilai saya
    (BADRIATUS ZAKIAH)

    BalasHapus
  19. Insyaallah saya yakin
    Silvianes krisda supandi

    BalasHapus
  20. Insya Allah saya yakin dengan nilai PAS saya
    mayang Dwi Kintria

    BalasHapus
  21. insyaallah saya yakin

    M Syahril M

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah sangat bermanfaat dan insyaallah saya puas dengan nilai yang saya peroleh
    Adhelia Anggun Lestari

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah bu terimahkasih semoga bermanfaat selalu
    Irfan Budianto

    BalasHapus
  24. Semoga nilai saya memuaskann
    PUTRI DELA

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah tipsnya sangat bermanfaat sekali

    Aisyah khoirunnisa'

    BalasHapus
  26. Masya Allah tips sangat bermanfaat sekali, inshaa Allah saya yakin dengan nilai saya

    Sevina Aulia

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah sangat bermanfaat Bu, Insyaallah saya puas dengan nilai saya
    Nadia Dwi Istanti

    BalasHapus
  28. Saya sudah yakin dengan nilai PAS.
    Via Nur Anisa

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah sangat bermanfaat Bu insyaallah saya puas dengan nilai saya
    Fransiska Sinta Dewi

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi kita semua, trimakasih atas tips nya semoga saya puas dengan nilai yang di dapatkan dan di peroleh dari bu dela.
    (Dhela Faizatul Tasya)

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah saya bangga skolah di sini

    Mohamad Gilang Ramadhany

    BalasHapus
  32. MasyaAllah tipsnya sangat bermanfaat,insyaAllah saya yakin dengan nilai saya

    Sofiana

    BalasHapus
  33. tips yang sangat bermanfaat sekali bagi para pelajar. insyaa Allah saya yakin dengan nilai saya

    dinda ayu ramadhani

    BalasHapus
  34. alhamdulilah tipsnya sangat bermanfaat terima kasih atas bimbinganya ya bu dela

    BalasHapus
  35. Alhamdulilah saya puas dengan fasilitas di smk muhammadiyah Lumajang
    Muhammad Rizki Efendi

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah saya sangat suka dengan tips yang budela berikan

    BalasHapus
  37. alhamdulilah tipsnya sangat bermanfaat bu dan insya Allah saya yakin dengan nilai PAS saya

    Lia Windiani

    BalasHapus
  38. Alhamdulillah tips nya sangat bermanfaat, terimakasih Bu dela

    Syahvila Illaya

    BalasHapus
  39. Wah tips ini sangat" bermanfaat bagi saya terimakasih bu dela dan saya yakin dengan nilai PAS saya

    BalasHapus
  40. Terimakasih Bu dela tipsnya sangat bermanfaat membuat belajar menjadi produktif. Dan saya yakin saya akan puas dengan hasil PAS saya

    Ajeng Ayu Wulandari

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah saya sangat senang dengan tips yang budela berikan

    As'andhidhu Bastyarul Hisma

    BalasHapus
  42. Tips dari Bu dhela sangat bermanfaat terimakasih banyak ya buu disini saya yakin bahwa nilai PAS kali ini akan membuat saya puas

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah sangat bermanfaat, bismillahirrahmanirrahim saya yakin dengan nilai PAS saya
    Deby nadzilah nikmatul larasati

    BalasHapus
  44. Alhamdulillah semua tips yang diberikan sangat bermanfaat bagi saya dan saya bangga menjadi murid dari Bu Dhela

    #Lutvia Wulandari

    BalasHapus
  45. terimakasih tips nya sangat bermanfaat, dan insya Allah saya yakin dengan nilai yang saya perole

    selvi ulilah

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah tips dari Bu dela sangat bermanfaat, bismillah saya sudah yakin dengan nilai PAS saya
    Fitria Noer Meilani

    BalasHapus
  47. Alhamdulillah tipsnya sangat bermanfaat dan semoga saya sangat puas dengan nilai saya

    Anindya Agustin purwidyasari

    BalasHapus
  48. Semoga nilai PAs saya memuaskan dan ilmunya dari Bu Dela dapat bermanfaat.

    Ika Lailatul Wulandari (XIK2)

    BalasHapus
  49. Alhamdulillah sangat bermanfaat sekali Bu. Insyaallah saya yakin dengan nilai saya
    Devi Ratnasari

    BalasHapus
  50. saya yakin dengan nilai Ujian PAS saya tahun ini dan semoga benar hasilnya memuaskan. Terima kasih Bu Dela untuk ilmu yang sudah Bu Dela berikan, Insya Allah ilmunya bermanfaat.

    Riska Dwi Setiyaningsih (XIK2)

    BalasHapus
  51. Semoga nilai PAS saya memuaskan.

    Melinda Ayu Lestari (XIK2)

    BalasHapus
  52. Alhamdulillah terimakasih bu dela ilmunya sangat bermanfaat, semoga nilai PAS saya memuaskan

    BalasHapus
  53. Alhamdulillah, terimakasih atas ilmu yang berkah semoga nilai PAS saya memuaskan
    Salwa Qibtiyah Safitri XI K1

    BalasHapus
  54. Alhamdulilah terimakasih bu dela atas ilmunya yang sangat bermanfaat semoga nilai PAS saya memuaskan
    Nadilla Dwi P. XI K1

    BalasHapus
  55. Alhamdulillah, masyallah terimakasih atas ilmu yang di berikan Bu dhela karena sangat bermanfaat dan bisa di praktek kan di masyarakat, semoga nilai PAS saya sangat memuaskan
    Gadis nabira XIK1

    BalasHapus
  56. tipsnya sangat bermanfaat sekali, dan saya yakin dengan nilai yang saya dapat

    Santi lidia ningsih

    BalasHapus
  57. Dengan segala tugas dan ujian yang saya kerjakan saya yakin jika nilai saya tuntas namun kalau di tanya sudah puas atau belum saya jawab saya belum puas karena nilai saya tidak sempurna namun saya bersyukur apapun hasil yabg saya peroleh karena itu saya kerjakan dengan keyakinan dan semaksimal mungkin

    Wisnu handok0 xik1

    BalasHapus
  58. Dengan segala tugas dan ujian yang saya kerjakan saya yakin jika nilai saya tuntas namun kalau di tanya sudah puas atau belum saya jawab saya belum puas karena nilai saya tidak sempurna namun saya bersyukur apapun hasil yabg saya peroleh karena itu saya kerjakan dengan keyakinan dan semaksimal mungkin

    Adi firmansyah xik2

    BalasHapus
  59. Saya senang menjadi bagian dari murid bu dela dan semua motivasi yang diberikan sangat bermanfaat

    Rhedita Eka X1 K2

    BalasHapus
  60. Alhamdulillah sangat bermanfaat dan semoga nilai saya memuaska n
    Risty Amalia Putri Wijaya

    BalasHapus
  61. Saya yakin nilai PAS semester 2 hasilnya lebih baik daripada semester lalu.
    Dini Putri Salsabilla (XIK2)

    BalasHapus
  62. Terimakasih kepada bu dela sudah membimbing saya sampai saat ini dan semoga nilai PAS saya bisa mendapatkan maksimal
    Slamet budiono

    BalasHapus
  63. Sangat bermanfaat,semoga nilai saya mendapatkan nilai yang memuaskan
    Dwi pilar arga XI-K2

    BalasHapus
  64. Saya berterimakasih pada Bu dela semoga ilmu yang di pelajari bisa bermanfaat bagi kita semua
    Novita Eka Fitriyani XIK2

    BalasHapus
  65. Terimakasih kepada bu dela sudah membimbing saya sampai saat ini dan semoga nilai PAS saya bisa mendapatkan nilai yang maksimal
    cindi kharisma (xi K2)

    BalasHapus
  66. terima kasih kepada Bu. Dela sudah memberikan bimbingan saat waktu pembelajaran dan semoga hasil ujian yang didapatkan sangat memuaskan
    Indah dwi aryati ( XI K2 )

    BalasHapus
  67. Saya yakin akan mendapatkan nilai PAS yang sangat baik
    Khusnul khotimah xlk2

    BalasHapus
  68. terima kasih bu bu sudah membimbing saya sampai saat ini dan semoga nilai pas memuaskan
    SAFITRI ULFAIDAH ( XI K2 )

    BalasHapus
  69. Alhamdulillaah sangat bermanfaat sekali Bu dan nilai PAS saya mendapatkan hasil yang memuaskan

    Aat Nanu Groho ( XI K2 )

    BalasHapus
  70. Alhamdulillah terimakasih bu dela ilmunya sangat bermanfaat, semoga nilai PAS saya memuaskan
    Isma Firnanda Xl K2

    BalasHapus
  71. Alhamdulillah sangat bermanfaat dan semoga mendapatkan hasil yang memuaskan
    (Finanda dwi. XI K2)

    BalasHapus
  72. Semoga nilai saya bagus
    Noval sapta a.p (XI K2)

    BalasHapus
  73. Alhamdulillah terimakasih Bu dela ilmunya semoga bermanfaat semoga nilai PAS saya mendapatkan hasil yang maksimal amin (Sarah Aprilia XI K2)

    BalasHapus
  74. Alhamdulillah Sangat bermanfaat dan semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.
    Lailatul zannah (XL K2)

    BalasHapus
  75. Terimakasih budela ilmu dan tipsnya sangat bermanfaat , semoga nilai saya lebih baik dari sebelumnya
    Amanda Dwi Agustina Xl K2

    BalasHapus
  76. Terimakasih Bu dela atas ilmunya semoga nilai pas saya memuaskan dan semoga Bu dela tambah cantik
    @Natasyanindy_XIK1

    BalasHapus
  77. Tips nya sangat bermanfaat, dan ujian praktiknya juga sangat bermanfaat terimakasih, semoga nilai UAS saya memuaskan.


    Sonia Nur Rahmawti XIK1

    BalasHapus
  78. Alhamdulillah sangat bermanfaat tipsnya, semoga nilai saya memuaskan
    Ayu Aristina Xl K2

    BalasHapus

Terimakasih sudah mengunjungi

Photo Galery

Prodmat 1
Prodmat 2
Prodmat 3
Prodmat 4
Prodmat 5