Rabu, 22 Juni 2022

Konsep Pembelajaran Kejuruan Berbasis Kompetensi (KBK)

Seberapa Efektif pembelajaran Kejuruan Berbasis Kompetensi (KBK) di SMK?








Pembelajaran KBK cocok diterapkan sebagai salah satu jenis pembelajaran di SMK karena dapat mengeksplorasi kemampuan/ potensi peserta didik secara optimal, mengkonstruk apa yang dipelajari dan mengupayakan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. implementasi prinsip-prinsip pembelajaran KBK di SMK dengan melibatkan partisipasi siswa secara aktif dalam menjabarkan, mengembangkan, dan mengimplementasikan soft skill dan hard skill dengan memfokuskan kompetensi atau kemampuan peserta didik.

Kurikulum Berbasis Kompetensi ini sangat cocok diimplementasikan di kurikulum SMK yang memang bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk menguasai bidang yang diminati. Program keahlian yang dipilih oleh siswa dapat menjadi awal dari pengembangan etos kerja yang baik demi menjawab permintaan kebutuhan dunia industri. serta juga sebagai adaptasi siswa di industri yang berada di sekolah. Melalui pembelajaran berbasis kompetensi ini, diharapkan mutu lulusan lebih bermakna dan memiliki kompetensi-kompetensi tertentu sesuai yang kebutuhan lingkungan. KBK mengharapkan adanya hasil dan dampak yang diharapkan muncul pada diri peserta didik melalui serangkaian pengalaman belajar yang bermakna. implementasi model pembelajaran yang menghasilkan mutu lulusan bermakna, peserta didik tidak hanya dibekali dengan pola pembelajaran yang mengarah pada kompetensi saja akan tetapi juga dibekali dengan karakter, pentingnya kedua poin ini yaitu, keterampilan dari segi kompetensi dan juga nilai karakter dapat berjalan beriringan sehingga lulusan terampil dari segi kompetensi dan memiliki karakter yang baik. 

Keberhasilan pembelajaran dalam KBK dapat dilakukan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu guru membawa pembelajaran siswa ke dalam dunia nyata, seperti kontruksivisme, inquiry, learning counity dll, yang disesuaikan dengan kompetensi keahlian peserta didik.
implementasi prinsip-prinsip pembelajaran KBK di SMK:
Guru dapat memulai dengan mengucapkan salam, berdoa, presensi, apersepsi. Dapat juga diberi motivasi atau melakukan pre tes.
Upaya yang dilakukan agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menggunakan metode yang bervariasi :ceramah, diskusi, praktek, atau pengenalan langsung di lapangan
Guru sebagai fasilitator dengan aktif memfasilitasi siswa, agar siswa belajar melalui pengalamannya. Siswa dituntut aktif untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri dengan bimbingan dari guru. Fenomena ini mengikuti prinsip konstruktivitisme.

Manfaat Pembelajaran Berbasis Kompetensi:
  1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih bertanggung jawab
  2. Mengembangkan ketrampilan pada kecpatan tertentu
  3. Memungkinkan siswa bersikap lebih bertanggung jawab terhadap kemajuan
  4. Memotifasi dan membuat siswa aktif memusatkan perhatian pada tugas - tugasnya
  5. Memungkinkan fasilitator menyesuaikan antara pelatihan dengan persyaratan kinerja
  6. Memungkinkan instruktor menentukan waktu mulai, selesai dan kecepatan program
  7. Menyederhanakan prosedur penilaian
  8. Menjamin kemampuan lulusan di tempat kerja

Kelebihan Pembelajaran KBK:

a. Mengembangkan kompetensi-kompetensi siswa pada setiap aspek mata pelajaran dan bukan pada penekanan penguasaan konten mata pelajaran itu sendiri.
b. Mengembangakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student oriented). Siswa dapat bergerak aktif secara fisik ketika belajar dengan memanfaatkan indra seoptimal mungkin dan membuat seluruh tubuh serta pikiran terlibat dalam proses belajar. Dengan demikian, siswa dapat belajar dengan bergerak dan berbuat, belajar dengan berbicara dan mendengar, belajar dengan mengamati dan menggambarkan, serta belajar dengan memecahkan masalah dan berpikir. Pengalaman-pengalaman itu dapat diperoleh melalui kegiatan mengindra, mengingat, berpikir, merasa, berimajinasi, menyimpulkan, dan menguraikan sesuatu. Kegiatan tersebut dijabarkan melalui kegiatan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.




2 komentar:

  1. Boleh bertanya bu, apakah implementasi pembelajaran KBK di SMK ini sudah baik?

    BalasHapus
  2. Diperlukan kerjasama diantara semua stakeholder agar pembelajaran ini bisa diterapkan dengan baik di sekolah masing masing,bapak

    BalasHapus

Terimakasih sudah mengunjungi

Photo Galery

Prodmat 1
Prodmat 2
Prodmat 3
Prodmat 4
Prodmat 5