Jumat, 22 April 2022

Teori dan strategi Pembelajaran

BIMBINGAN KARIER DAN INFORMASI LAPANGAN KERJA DI INGGRIS 

Sejarah BK di UK

Perkembangan Bimbingan Karir dan Informasi Lapangan Kerja di UK

Hasil Pelaksanaan BK dan Informasi Lapangan Kerja


Kerjasama Pemerintah dalam Menyediakan Layanan Bimbingan Karir

Pemerintah Inggris menyediakan layanan konseling karir berupa penyediaan layanan konseling karir yang di dalamnya termasuk perencanaan karir bagi peserta didik. Berbagai hal yang dilakukan pemerintah Inggris dalam usaha menyediakan konseling karir antara lain:

1. Bekerja sama dengan National Careers Service. Didirikan April tahun 2012. Merupakan kerjasama antara Departement of Bussines Innovation and Skills & Departement for Education.

2. Bantuan Finansial. Konselor dapat memberikan informasi mengenai bantuan finansial yang bisa didapat dari pemerintah maupun sumber lainnya.

3. Bekerja sama dengan Jobcenter Plus

a.    Jobcenter  Plus berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan KS

b. Sekolah dan Jocentre Plus bersama-sama menempatkan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman kerja

c.    Meningkatkan kerja sama antara penasihat tenaga kerjaberkebutuhan khusus di jobcentre plus

4. Kesetaraan. Pemberian layanan karir yang merata dan tidak pandang bulu.

Pengawasan dan Evaluasi BK di UK

1. Jaminan Mutu & feedback

Aspek yang diperhatikan :
(a) Kualitas Program Karier di sekolah, standar kualitas nasional
(b) Kualitas Career Providers yang Independen, layanan komperehensif
(c) Kualitas Career Adviser yang bekerja sama dengan sekolah

2. Destination Measures

Destination Measures yakni melihat prestasi dan capaian yang diperoleh alumninya, hal ini dilakukan untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan layanan bimbingan karier di sekolah dengan melihat seberapa sukses peserta didik melakukan transisi ke jenjang berikutnya baik melanjutkan sekolah atau bekerja.

3. Peran The Office Standards in Education (Ofsted)
Bertugas untuk mengawasi jalannya beberapa kebijakan di UK terkait layanan

Keseriusan Pemerintah UK terhadap Bimbingan Karier


Program Bimbingan Karier yang dilakukan di Indonesia yakni

a.  Menginspirasi Peserta didik dengan cara membangun cita-cita peserta didiknya. Beberapa upaya yang dilakukan antara lain: mengundang pembicara dari kalangan pengusaha dan motivational speakers, mengadakan career fairs, serta melakukan coaching. Selain itu, mentoring yang terarah dan tepat sasaran juga dapat membantu
mengembangkan karakter dan kepercayaan diri peserta didik demi kariernya di masa depan.

b.   Membangun Kerja sama dengan penguasaha

Bentuk kerjasama yang dapat diupayakan antara lain:

• Mentoring dan coaching

• Mengundang pembicara dari dunia kerja ke sekolah

• Kunjungan ke tempat kerja dan memberikan pengalaman kerja

• Mengadakan acara-acara menarik seperti perlombaan maupun permainan

• Mengadakan careers fairs dan career networking

• Bantuan dalam bidang keterampilan sederhana dalam manajemen karier seperti membuat Curriculum Vitae (CV), mencari pekerjaan, dan wawancara kerja.

c.   Memberik an akses terhadap pilihan - pilihan karier BK memberikan kebebasan pada peserta didik untuk memilih pilihannya setelah lulus. Terkadang, sekolah mendatangkan beberapa pihak agar dapat terlibat langsung dengan peserta didik.

d.    Bimbingan Karier Individual yang menyangkut 4 hal yakni pribadi, sosial, karier, dan belajar.

Pasal khusus yang membahas tentang bimbingan karier di undang-undang pendidikan nasional tidak serinci dan selengkap yang ada di UK. Pasal di UK, dilakukan perbaikan relevasi secara berkala.

Bimbingan Karir dan informasi lowongan kerja di UK memiliki banyak keuggulan dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Pelaksanaan bimbingan karier di sekolah-sekolah di UK mendapatkan dukungan yang sangat tinggi dari pemerintah. Hal tersebut dibuktikan dengan dicantumkannya pasal khusus mengenai bimbingan karier di dalam undang-undang pendidikan nasional. Pasal tersebut juga terus diperbaiki relevansinya secara berkala. Banyaknya panduan dan kode etik yang telah diterbitkan pemerintah bagi sekolah-sekolah di UK juga merupakan bentuk keseriusan pemerintah terhadap kesuksesan karier. Untuk di Indonesia sendiri, terutama untuk sekolah SMK memang sudah dapat perhatian lebih dari pemerintah untuk tahun terakhir ini. Namun yang kurang adalah perharian dari Pemerintah Daerah. Memang dibeberapa daerah, pemerintah daerah sudah mulai mendukung lulusan-lulusan sekolah dalam penyediaan lapangan kerja. Namun untuk daerah-daerah tertentu masih banyak yang mengabaikan bagaimana keberlangsungan penyerapan tenaga kerja lulusan sekolah-sekolah didaerah tersebut. Namun tidak semua hal tersebut kurang tepat, masih banyak bantuan dari pemerintahan daerah memberikan bimbingan dalam bentuk bantuan beasiswa-beasiswa untuk anak-anak daerah melanjutkan ke perguruan tinggi. Meskipun hal tersebut nantinya akah mengurangi tujuan dari lulusan SMK itu sendiri. Dimana tuntutan pemerintah adalah lulusan SMK harus lebih banyak bekerja atau berwirausaha. Untuk kemajuan SMK sendiri dari materi yang telah kita cermati bersama munkin kedepannya pemerintah pusat memberikan undang-undang terkait kewajiban pemerintah daerah untuk membantu perkembangan penyerapan tenaga kerja lulusan SMK maupun kemudahan dalam pembuatan usaha-usaha untuk wirausahawan muda lulusan SMK. Selain itu, pelajaran lain yang dapat diterapkan di SMK Indonesia adalah kesadaran Industri untuk membantu dan menjadi mentoring kepada SMK serta mau menyerap tenaga-tenaga dari lulusan SMK.


0 $type={blogger}:

Posting Komentar

Terimakasih sudah mengunjungi

Photo Galery

Prodmat 1
Prodmat 2
Prodmat 3
Prodmat 4
Prodmat 5